Advertisement
Bagi masyarakat Indonesia, istilah iklan atau advertisement tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Bahkan, di kehidupan sehari-hari, kebanyakan dari kamu pasti menemui berbagai hal yang termasuk ke dalam pengertian advertisement ini. Seperti, poster di pinggir jalan, reklame, jeda iklan di TV, media sosial, dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya, semua orang dari kalangan manapun pada dasarnya sudah berkutat dengan jenis teks fungsional ini di kehidupan sehari-harinya.
Secara umum, kebanyakan orang menganggap advertisement atau iklan sebagai strategi promosi atau pemasaran yang banyak dilakukan oleh pihak tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu. Namun, tahukah kamu jika pada awalnya, advertisement ini sebenarnya hanya bertujuan untuk menarik perhatian atau atensi dari orang yang melihatnya saja?
Dalam kata lain, advertisement tidak selalu mengacu pada aktivitas pemasaran bisnis untuk mengenalkan sebuah produk atau layanan kepada publik saja. Lantas, apa itu advertisement sebenarnya? Nah, agar pengertian advertisement bisa lebih mudah dipahami dan tak sekadar menganggapnya sebagai iklan promosi saja, simak ulasan mengenai istilah tersebut beserta ciri, komponen, dan jenisnya berikut ini.